Sejarah

SEJARAH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI URIP SUMOHARJO

Perjalanan sejarah yang cukup panjang untuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Urip Sumoharjo” yang semula berawal dari lembaga kursus yang bernama UDATIN COLEGE bagi karyawan di lingkungan PT. Udatin dan Kelompoknya sejak tahun 1961. Pada perkembangan berikutnya dengan adanya kebutuan dunia pendidikan yang dirasakan semakin meluas oleh masyarakat, maka Yayasan Pendidikan Udatin (YPU) yang ditugaskan untuk mengelola masalah kependidikan ini meningkatkan peran sertanya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan formal. Selanjutnya pada tahun 1976 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) nomor: 167/B/SWT/P/1967 ditingkatkan menjadi Akademi dengan nama Akademi Pimpinan Perusahaan Surabaya (APPS), dengan status terdaftar. Jenjang pendidikan yang dilaksanakan adalah Sarjana Muda. Dalam perjalannya sampai dengan tahun kuliah 1982/1983 telah mampu menghasilkan banyak lulusan Sarjana Muda baik lokal maupun Negara yang tersebar di seluruh Nusantara.

Dengan semakin berkembangannya ilmu pengetahuan dan teknologi serta semakin meningkatnya tuntutan masyarakat dibidang pendidikan, maka APPS bermaksud untuk mengembangkan diri sesuai dengan tuntuan pembangunan bangsa dan Negara dimasa yang akan datang, lebih-lebih dunia pendidikan bangsa dan Negara dimasa yang akan datang, lebih-lebih dunia pendidikan merupakan sumber inspirasi untuk mencetak tenaga–tenaga ahli, terampil, mumpuni dalam mengemban serta melaksanakan tugas-tugas uintuk mengisi pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat.

Untuk merealisasikan rencana tersebut di atas maka pada tahun kuliah 1983/1984 telah berhasil meningkatkan jenjang program dari Sarjana Muda menjadi Sarjana S-1 dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Urip Sumoharjo” Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen Perusahaan dengan status TERDAFTAR berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0277.0.84 yang diperbaharui dengan SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0395/0/1986.

Kemudian sejak tanggal 4 Maret 1991 di STIE “Urip Sumoharjo” telah maju selangkah lagi yaitu dengan turunnya SK Mendikbud Nomor 0101/0/1991 tentang peningkatan status TERDAFTAR menjadi DIAKUI untuk Program Studi Manajemen Konsentrasi Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan dan Perbankan bahkan terhitung mulai tanggal 26 Juli 1995 status DIAKUI tersebut ditingkatkan menjadi DISAMAKAN berdasakan SK Dirjen DIKTI No. 340/DIKTI/0/1998, kemudian pada tahun 1998 sampai dengan sekarang telah TERAKREDITASI B.

Berdasarkan minat serta kebutuhan masyarakat, selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka pada tahun 1991 STIE “Urip Sumoharjo” telah dibuka Program Studi Akuntansi dengan status TERDAFTAR berdasarkan SK Mendikbud RI Nomor 0310/0/1991, dan ditetapkan kembali status tersebut berdasarkan SK DIRJEN DIKTI nomor 394/DIKTI/Kep/1996. Tahap perkembangan berikutnya yang patut dibanggakan adalah pada tahun 2000 sampai dengan sekarang telah TERAKREDITASI B.

Perkembangan berikutnya yang patut dibanggakan adalah pada tahun 1998 yang berdasarkan hasil penilaian BAN, program studi Manajemen mendapatkan status TERAKREDITASI dengan SK. BAN No. 001/BAN-PT/Ak-I/VIII/1998 dan penetapan kembali untuk status Terakreditasi pada tahun 2003,  tahun 2008 dan tahun 2014 dengan peringkat B. Sementara pada tahun 2000, berdasarkan hasil penilaian BAN, Program Studi Akuntansi mendapatkan status TERAKREDITASI dengan SK. BAN NO. 023/BAN-PT/Ak-IV/IX/2000 dan penetapan kembali status terakreditasi pada tahun 2011 dengan peringkat “B” sampai sekarang.

Guna menguatkan status kelembagaan, mengeratkan karakter lulusan yang bersifat aplikatif sesuai prinsip DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri), serta mengoptimalkan revolusi industri 4.0 maka STIE Urip Sumoharjo dan STIKES Surabaya pada tahun 2019 telah melebarkan diri guna membangun kekuatan bersama dalam sebuah wadah baru yang lebih prospektif. Lembaga Pendidikan itu diberi nama IKBS, Institut Kesehatan dan Bisnis Surabaya. Selain berkomitmen senantiasa meningkatkan mutu program studi yang sudah ada, IKBS juga melakukan pengembangan dengan membuka program studi baru. Ada 8 program studi nantinya yaitu :

  1. Program Studi Keperawatan dan NERS
  2. Program Studi Kebidanan
  3. Program Studi Gizi
  4. Program Studi Manajemen
  5. Program Studi Akuntansi
  6. Program Studi Bisnis Kesehatan
  7. Program Studi Digitalisasi Manajmen FKTP (Fasilitas  Kesehatan Tingkat Pertama)
  8. Program Studi Jaminan Kesehatan Nasional

Diharapkan bahwa pada tahun ajaran 2020/2021 seluruh rencana dan mimpi besar IKBS bisa tercapai. Aamin.